Rabu, 22 Maret 2017

Cara Install Wordpress di IDHostinger

Halo Sobat Blogger!! Saat ini saya sedang belajar tentang Cara Membuat Blog Wordpress di IDHostinger menggunakan Hosting Gratis dan Domain Murah. Nah, saya akan berbagi langkah-langkahnya di sini. Cekidot sob ...
Sebelumnya, saya sudah punya Hosting Gratis yang terintegrasi dengan Domain Murah yaitu www.catatanunik.xyz. Saya menyarankan Sobat untuk daftar gratis di IDHostinger.
Langkah 1: Masuk ke CPanel IDHostinger atau klik di sini


Sobat akan diarahkan ke Beranda yang berisi 5 Menu Utama, yaitu: Hosting, Domain, VPS, Affiliasi, dan Tagihan yang Belum Dibayar.


Langkah 2: Pilih Hosting atau klik di sini sehingga Sobat dapat melihat Daftar Akun Hosting yang sudah terdaftar.



Langkah 3: Klik nama Domain catatanunik.xyz, maka akan ada 4 pilihan Pengaturan, yaitu: Kelola, Website Builder, Auto Installer, dan Akun Email.



Langkah 4: Pilihlah Pengaturan Auto Installer. Muncullah beragam aplikasi yang dapat Sobat gunakan untuk membuat Blog.



Aplikasi di IDHostinger dibagi menjadi 6 kategori, yaitu: Content Management (Joomla, Wordpress, Drupal, Code Igniter), Community Building (MediaWiki, phpBB), E-Commerce Dan Bisnis (OpenCart, PrestaShop), Survei Dan Statistik (LimeSurvey, Piwik), Foto Dan Film (Piwigo, Zenphoto), dan Lainnya (Search Engine Project, Webstress).

Langkah 5: Pilih Wordpress ya Sob. Lalu akan tampil form isian untuk melanjutkan proses instalasi.


Url http://catatanunik.xyz/ : (Biarkan kosong)
Bahasa: Inggris
Username Administrator: admin
Password Administrator: *********
Email Administrator: alamatemail@ymail.com
Judul Website: Catatan Unik
Tagline Website: Kumpulan Artikel Unik, Aneh, Lucu, Keren, dan Mistis.
PENTING!! Username dan Password digunakan untuk masuk ke Administrator Blog Worpdress. 

Langkah 6: KLIK INSTALL
Tunggulah beberapa saat, lalu Refresh halaman, sampai muncul keterangan Aplikasi Wordpress yang telah terinstall.


Kini blog Catatan Unik sudah terinstal Wordpress versi 4.7.3 pada tanggal 22 Maret 2017.

Selain itu, notifikasi pun akan masuk ke email alamatemail@ymail.com yang berisi informasi tentang Versi Wordpress, Username, Url Blog, dan Url masuk ke Administrator Blog.
Url Blog: http://catatanunik.xyz/
Url Administrator: http://catatanunik.xyz/wp-admin
Langkah 7: Selesai

Langkah Lanjutan:
Mari kita tes Blog Catatan Unik di http://catatanunik.xyz/, hasilnya sebagai berikut:



Selanjutnya ayo kita masuk ke Blog Administrator http://catatanunik.xyz/wp-admin menggunakan Username, dan Password yang telah dibuat. Berikut adalah hasilnya:



Alhamdulillah, install blog wordpress Catatan Unik di IDHostinger berhasil :)

Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Sobat yang sudah membaca catatan sederhana ini. Saya berharap sobat dapat memberikan kritik dan saran yang membangun agar catatan ini lebih baik lagi. Aamiin..

Mari kita berdiskusi di kolom komentar yahh.

Rabu, 09 Oktober 2013

Kamis, 17 November 2011

Reuni Alaska

Hari Sabtu-Minggu kemaren merupakan hari yang sangat berkesan buat saya. Karena pada hari itu saya bisa bertemu kembali dengan teman-teman Alaska. Oh ya, Alaska itu kependekan dari Angkatan Sebelas Darmaloka, anggap aja segerombol anak SMA yang satu sekolah.

Setelah 3 tahun berpisah, kami pun bertemu kembali. Rasanya baru tadi pagi lulus, eh siangnya udah reunian lagi. Kebetulan saya yang dipilih menjadi ketua pelaksana reuni pertama ini. Alasan menjadi ketua sih sederhana aja, karena saya tinggal di Bandung.

Acaranya 24 jam, dimulai hari Sabtu pukul 13.00 dan berakhir minggu pukul 13.00. Rasanya seneng banget dah ketemu mereka, meski cuman 1 hari tapi memberikan kesan yang sangat berati. Ada yang udah nikah, ada yang belum nikah, kebanyakan sih yang masih kuliah dan baru lulus kuliah, yang kerja juga ada, malahan udah ada yang jadi PNS dan Polisi, mantap.

Semoga kami bisa tetap menjadi saudara, Amien.

Ini ada sedikit screenshoot anak-anak Alaska di acara kemaren. Cekibrot sob ...








Oh ya, diantara 58 anak Alaska, saya paling muda lho, He..

Selasa, 08 November 2011

Bebekku Anakku

Besok adalah hari peringatan Idul Adha 1432 H, dimana akan banyak sekali pertumpahan darah di sana-sini. Dan Saya masih saja tidur nyenyak di kostan. Tiba-tiba hp berbunyi, ternyata Mas Ardi tlp. Kira-kira begini percakapannya:

Mas Ardi : “Hallo Cu, kamu jadi pulang kampung ga?”
Saya : “Enggak Mas”
Mas Ardi : “Lho kenapa? Kamu pulang ya..”
Saya : “Iya mas, saya pulang”

Simple. Nurut.

Saya baru sadar, ternyata saya sudah di bis Budiman tak ber-AC jurusan Bandung-Pangandaran. Penuh sesak, beruntung saya mendapatkan tempat duduk, tepat di paling belakang. Saya diapit oleh pemuda dan ibu yang mengais anak ceweknya (kira-kira berumur 1 th).

Saya senang sekali anak kecil, senyumnya yang polos bisa bikin hati plong. Si cewek (anak) itu melihat saya terus, saya balas pandangannya dengan senyuman, si cewek pun tersenyum dan makin lekat memandangi saya, saya juga pandangin trus, si cewek pingsan. Haha

10 menit kemudian si cewek terbangun.

Mungkin karena gemes (atau balas dendam) cewek tadi mulai colek-colek genit ke tangan saya. Namanya juga anak kecil, saya biarkan aja toh cuman nyolek. Eh si cewek makin gemes, sekarang dia mulai cubit-cubit, saya biarin lagi toh cuman nyubit, Lalu si cewek makin gemes lagi, dia nyakar saya dan nendang saya, saya pingsan. Impas.

Derita saya berakhir ketika si cewek sudah tidur bersama semua orang, ya semua orang di bis tidur kecuali sopir, kasihan pak sopir. Bis sampai di terminal. Ternyata sudah ada yang jemput, asyik.

Pagi hari saya bangun, ternyata ada Teh Ai yang sudah di rumah, dia pulang juga toh dari Jakarta. Jadi lengkaplah sudah semua anggota keluarga. Shalat id di masjid Jami terdekat.

Berbeda dengan idul fitri, kali ini tidak begitu ramai, dan tidak ada istilah saling mengunjungi rumah, tapi yang ada adalah pertumpahan darah. Ya, berqurban. Di kampung saya qurban 1 ekor kambing. Keluarga saya yang cewek tidak makan kambing (daging kambing maksudnya), jadilah saya, Om, dan Bapak saja yang makan dagingnya. Mantap!


Inget ketika lagi ngumpul bersama, sedangkan Ibu sedang mengurusi bebeknya yang sakit.

Ibu : “ Ini ada air kelapa muda, manis lho, ayo siapa yang mau?”
Keluarga : “Wah, mau, mau”
Ibu : “Tapi bebek dulu ya, soalnya dia lagi sakit”

Ya begitulah, Ibu lebih mementingkan bebek daripada anak-anaknya. Sampai-sampai ketika masak, Ibu membawa bebek yang sakit itu, mungkin di dalam pikirannya “Sabar ya bek, sebentar lagi masakan matang, giliran kamu yang dimasak” Wuahahaha.

Karena besok kuliah, saya pun pamit pulang, meski hari hujan tidak menjadi halangan. Sebenarnya alesan pulang bukan karena kuliah tapi karena :

Dia : “Aa, pulang kapan?”
Saya : “Kayaknya besok deh, hujan deras soalnya”
Dia : “Aa, bener mau pulang besok?”
Saya : “Eh hujannya reda, A pulang sekarang” padahal masih hujan deras.

Simple. Nurut.

Akhirnya saya tiba di kostan. Siap bertempur ke medan perang lagi aka kuliah.

Jumat, 04 November 2011

Salam Hangat

Halo dunia,

Senang rasanya bisa menyapa para penghuni dunia maya. Ini merupakan postingan pertama saya di blog cucuhermawan.blogspot.com, dimana blog ini akan menjadi teman curhat, tempat nangkring, dan menjadi buku catatan harian buat saya. Banyak sekali hal-hal yang nantinya akan saya bagikan ke pembaca.

Semoga blog ini menjadi bacaan yang inspiratif, menenangkan pikiran, dan bermanfaat bagi kita semua, baik di dunia maupun di akhirat. Amien.

Jadi, tongkrongin terus blog ini ya :)